Pages

Friday, June 29, 2012

Paling Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang mempunyai penduduk lebih dari 200 juta jiwa. Dari antara banyaknya penduduk itu, terdapat banyak budaya di setiap daerahnya yang menyebabkan keanekaragaman yang menarik. Dan akhirnya jadi teringat akan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Semboyan ini memperteguh semangat untuk terus bersatu menciptakan tanah air yang adil, makmur, aman, dan tentram. Pengetahuan dasar memang. Namun, hal tersebut merupakan hal yang paling Indonesia. Yang aku maksud adalah budaya Indonesia sendirilah yang merupakan hal yang paling Indonesia. Budaya mencerminkan bangsanya.

Ngomongin budaya di sini, pasti langsung teringat dengan pelajaran di SD dulu.
Alat musik daerah (Angklung- dari Sunda, Gamelan- dari Jawa, Sasando- dari NTT, dsb), trus ada juga hewan-hewan khas Indonesia (Orang Utan di Kalimantan, Komodo di pulaunya sendiri-pulau Komodo, tapir, anoa, dsb), hmm ada juga tariannya (Tari Jaipong, Tari Piring, Tari Saman, Tari Kecak, Tari Tor-Tor dan kesenian Reog Ponorogo yang sempat diklaim Malaysia sebagai tarian daerahnya, dsb). Ada juga Batik sebagai warisan budaya nenek moyang Indonesia, Candi Borobudur sebagai salah satu 7 keajaiban dunia hasil peradaban manusia zaman kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia, wew begitu banyak yang berciri dan beridentitas Indonesia.

Namun, sekarang aku ingin membahas yang paling Indonesia bagiku sekarang ini:
Twitter
Kenapa twitter? Hmm, coba lihat saja, setiap ada suatu kejadian yang gempar di Indonesia. Langsung deh ketahuan eksistensi masyarakat Indonesia di dunia sosial media ini. Yang aku maksud adalah isu/masalahnya menjadi Trending Topic World Wide-nya (TTWW). Mulai dari kisah ariel peterpan (#arielpeterporn) lalu ada #PrayForIndonesia, hmm, dan sekarang ini sering sekali menjadi TTWW saat acara Indonesian Idol. Terjadinya setiap konstestannya menyanyi dengan memukau, baik lagunya maupun penyanyinya langsung muncul di TTWW.  

Korupsi
O, yeah, korupsi. Merupakan isu yang sejak lama terkuak sejak runtuhnya pemerintahan presiden kedua Indonesia, Soeharto. Dan, berlanjut terus sampai pemerintahan presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, yang sekarang ini. Dan yang sekarang ini, berkat adanya KPK (Komisi Pembatasan Korupsi), tertangkaplah satu-satu pejabat yang melakukan hal yang mengecawakan masyarakat Indonesia itu. Akan tetapi, siapa yang tahu kalau ada kecurangan, atau suap-menyuap di dalam KPK itu. Masyarakat hanya bisa menaruh kepercayaan yang penuh. Semangat terus KPK! Semoga bisa membangun kepercayaan masyarakat lewat kinerjamu. Semoga bisa menjunjung moral dan hukum yang benar.

K-pop
Sekarang ini, Korea benar-benar menginvasi remaja-remaja Indonesia, termasuk aku. Menurutku, awal-awalnya, gara-gara drama Korea. Ceritanya mengangkat sisi kehidupan yang berbeda, benar-benar menyentuh, dan punya makna tersendiri di dalamnya. Dulu itu, yang bagus-bagus seperti Endless Love, Jewel in The Palace, Love in Harvard, Princess Hours, huah >.< dan masih banyak lagi. Ya, waktu itu, mungkin saja masyarakat Indonesia jenuh dengan sinetron-sinetron yang ada. Dan mulai melirik ke sini. Waktu itu padahal banyak budaya Asia yang masuk ke Indonesia, dari Taiwan, Jepang, tak lupa India (Bollywood) juga. Entah mengapa sekarang yang lebih eksis itu yang dari Korea.

Lalu, lama-lama mulai melirik ke lagu-lagunya, artis k-pop yang lucu-lucu dan imut-imut. Baik gaya dan penampilannya. Lalu, angkatan penyanyi yang imut dan manis tersebut terkenal sejak munculnya Super Junior dan Girl’s Generation (menurutku hehe). Sekarang ini, laku banget setiap ada konser artis atau penyanyi Korea yang datang ke Indonesia. Kalau sudah jatuh cinta, memang sayang kalau dilewatkan kedatangannya.  Tapi, penyanyi yang datang ke Indonesia, tidak hanya yang dari Korea, penyanyi Barat juga datang, dan laku juga. Apakah mungkin ada faktor perilaku yang konsumtif? Hmmm…

Makanan Indonesia
Makanan, makanan juga merupakan suatu hasil kebudayaan suatu masyarakat.  Setiap negara punya makanannya sendiri yang khas, begitu juga Indonesia. Aku senang bila membahas makanan Indonesia. Yummy, banget! Berikut ini hanya beberapa dari banyak macam makanan Indonesia:
1.       Rendang


Rendang baru-baru ini dinobatkan oleh CNN jadi makanan terenak (Nomer 1) di dunia. Terdiri dari daging dan santan yang dimasak berjam-berjam sampai mengental kuah santannya. Memasak rendang terkenal butuh kesabaran dan ketelatenan yang tinggi agar hasil masakannya mantap top markotop. Rendang daging saja pun membuat variasi dan inovasi, ada rendang telur, rendang ayam, dsb. Seringnya  makan rendang di Rumah Makan Padang, atau kalau ga dapat kiriman rendang saat lebaran tiba-dimakan dengan ketupat + kerupuk atau emping. Hohoho.

2.   Pempek


Kyaaa. Pempek terbuat dari daging ikan tenggiri. Adonan pempek diuleni dan dibentuk sedemikian rupa, lalu direbus sampai mengapung di air. Nah, baru habis itu bisa digoreng sampai kekuningan. Dan, yang paling enak itu adalah kuahnya. Kuahnya merupakan campuran cuka, gula merah, asam jawa, dan cabai. Yummy!

3.       Sate Ayam
Daging ayam, ditusuk ke batang lidi, lalu dipanggang deh di atas arang. Dikipas-kipas sampai matang. Lalu, dikasih bumbu kacang yang nikmat dan jangan lupa dikasih kecap, kalau perlu ditaburi bawang goreng.



4.       Batagor
Baso Tahu Goreng, jajanan asli Bandung ini, wew banget. Hahaha. Mantap enaknya. Tahu diisi adonan bakso, lalu diberi tepung atau dibungkus kulit pangsit, dan akhirnya digoreng. Makannya dengan bumbu kacang juga.

5.       Bika Ambon



Kue dari kota Medan, Sumatera Utara, ini juga enak. Hahaha. Kuenya berwarna kuning, berlubang-lubang, namun legit. Memakai sagu sebagai bahan utamanya, serta gula dan telur.

Bali
Berikutnya adalah Bali, pulau yang kental dengan budayanya.  Dari sebelum aku lahir sampa sekarang, Bali sudah tersohor di kalangan mancanegara. Kira-kira sejak tahun 1920-1930, banyak turis dari Barat menemukan keindahan pulau Bali. Lalu, Bali semakin terkenal lewat film berjudul “Bali, Surga Terakhir” yang pada waktu itu diputar di sepanjang bioskop kecil di Hollywood.  

Bali terkenal karena pantainya yang indah, suasana yang serba religius, bangunan, musik, dan tari-tarian punya kekhasannya sendiri. Benar-benar berbeda dan cocok untuk liburan mencari suasana baru. Selain itu, banyak tempat-tempat wisatanya juga, seperti Waterboom-tempat bermain air dengan seru, ada juga arena untuk menguji adrenalin, jenisnya ‘perosotan’ dengan berbagai bentuk dari ketinggian yang tinggiii sekali. Lalu, GWK (Garuda Wisnu Kencana)-tempat melihat pahatan patung indah yang besar yang mempunyai cerita tersendiri, BatuBulan-tempat melihat pertunjukkan tari Barong atau tari Kecak Api, Tanah Lot-tempat yang pas untuk menikmati sunset-nya yang indah, dan masih banyak lagi.

Pantai Nusa Dua
Tanah Lot

Sekian dulu, semoga yang budaya yang baik-baik dari Indonesia bisa terus berkembang, tidak punah termakan waktu maupun budaya lain, dan terlebih jangan sampai ter-klaim oleh negara lain dulu baru Indonesia bertindak.




1 comment:

  1. Semangat mengindonesiakan indonesia lewat Blog...
    semangat Indonesia!!
    salam anak negeri

    Blogwalking & Mengundang juga blogger Indonesia hadir di
    Lounge Event Tempat Makan Favorit Blogger+ Indonesia

    Salam Spirit Blogger Indonesia

    ReplyDelete